Waspada! 5 Bahaya Fatal Kekurangan Tidur

Empatpuluh.com – Taukah kamu? Jika kita kekurangan tidur ternyata berdampak fatal. Banyak sekali khasus kecelakaan di Indonesia yang sering kali di sebabkan oleh kekurangan tidur. Kekurangan tidur dapat menyebabkan hal hal yang tidak diinginkan untuk kita atau bisa saja dapat menyelakakan orang lain. Maka dari itu janganlah bepergian jauh jika kita merasa lelah atau kurang tidur. Berikut adalah 5 bahaya fatal yang disebabkan jika kekurangan tidur.

Baca Juga :
5 Manfaat Tidur Yang Harus Diketahui!


Ngantuk - Empatpuluh.com
Gambar oleh Free Photos dari Pixabay

1. Kecelakaan lalu lintas

Ini adalah hal paling berbahaya dalam topik ini. Masalah ini sering dijumpai seperti pada angkutan umum atau kendaraan pribadi. mengantuk saat mengemudi biasanya memberi efek halusitasi dan perasaan cemas. Dampaknya bisa sangat besar. jadi, pastikan Anda tidur cukup sebelum berkendara jarak jauh atau dekat.


2. Depresi

Kurang tidur karena berbagai penyebab juga bisa menyebabkan depresi berat. Ini paling umum terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan tidur kurang dari enam jam per hari. Gejala yang paling sering ditemukan adalah rasa cemas yang berlebihan, menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung dan kondisi tubuh yang kurang sehat.



3. Tekanan Darah Tinggi

Jika tubuh selalu kurang tidur maka dapat menyebabkan hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini bisa disebabkan karena tidur memang bisa menetralkan sistem pembuluh darah dan kerja jantung menjadi lebih maksimal. Namun saat tidur tidak cukup terus menerus terjadi tekanan darah tinggi karena pembuluh darah tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya bisa sangat berbahaya bagi orang yang sudah menderita tekanan darah tinggi.


4. Menurunnya Kekebalan Tubuh

Saat tubuh sedang tidur sebenarnya tubuh tetap bekerja tapi kita tidak menyadarinya sepenuhnya. Saat kita tidur tubuh masih menghasilkan sitokin dan antibodi yang dapat melawan infeksi. Jadi zat ini akan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus terutama saat bakteri dan virus melawan antibodi saat tidur. Sehingga kurang tidur akan membuat tubuh tidak memiliki sitokin dan akibatnya tubuh akan terlihat sangat lemas, lelah dan tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik.


5. Dapat Menimbulkan Penyakit Jantung

Jantung pada dasarnya dapat bekerja dengan baik sesuai dengan kondisi tubuh. Jika sama sekali tidak ada kelainan jantung atau gejala penyakit jantung, maka kebiasaan kurang tidur bisa menyebabkan gangguan jantung. Ini karena sistem pembuluh darah dan kekuatan jantung saat memompa darah tidak dapat berjalan dengan baik. Beberapa gangguan yang paling umum adalah serangan jantung, gagal jantung, detak jantung dan detak jantung tidak teratur. Kondisi jantung yang buruk juga dapat meningkatkan risiko penyakit lain. Jadi tidur yang cukup akan menurunkan risiko gangguan kesehatan jantung.

Leave a Reply